Efektivitas Penanaman Nilai Integritas pada Siswa SD melalui Buku Wayang Pandawa Bervisi Antikorupsi

Main Article Content

Sukadari Sukadari
Mahilda Dea Komalasari
Ahmad Mabruri Wihaskoro

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku ‘Wayang Pandawa’ bervisi antikorupsi yang layak menurut ahli materi dan ahli media sebagai wahana penanaman nilai integritas pada siswa sekolah dasar. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui keefektifan buku ‘Wayang Pandawa’ bervisi antikorupsi sebagai wahana penanaman nilai integritas pada siswa sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development, R&D) dengan mengacu model pengembangan 4D (four D) terdiri atas 4 tahap utama yaitu: Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan) dan Disseminate (Penyebaran) (Thiagarajan, Semmel, & Semmel, 1974). Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Donotirto Yogyakarta sejumlah 23 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku ‘Wayang Pandawa’ bervisi antikorupsi sebagai produk pengembangan efektif sebagai wahana penanaman nilai integritas pada siswa sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section

Articles

How to Cite

Sukadari, S., Komalasari, M. D., & Wihaskoro, A. M. (2018). Efektivitas Penanaman Nilai Integritas pada Siswa SD melalui Buku Wayang Pandawa Bervisi Antikorupsi. Integritas: Jurnal Antikorupsi, 4(1), 217-244. https://doi.org/10.32697/integritas.v4i1.154