Efektivitas Penanaman Nilai Integritas pada Siswa SD melalui Buku Wayang Pandawa Bervisi Antikorupsi

Main Article Content

Sukadari Sukadari
Mahilda Dea Komalasari
Ahmad Mabruri Wihaskoro

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan buku ‘Wayang Pandawa’ bervisi antikorupsi yang layak menurut ahli materi dan ahli media sebagai wahana penanaman nilai integritas pada siswa sekolah dasar. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui keefektifan buku ‘Wayang Pandawa’ bervisi antikorupsi sebagai wahana penanaman nilai integritas pada siswa sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development, R&D) dengan mengacu model pengembangan 4D (four D) terdiri atas 4 tahap utama yaitu: Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan) dan Disseminate (Penyebaran) (Thiagarajan, Semmel, & Semmel, 1974). Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Donotirto Yogyakarta sejumlah 23 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku ‘Wayang Pandawa’ bervisi antikorupsi sebagai produk pengembangan efektif sebagai wahana penanaman nilai integritas pada siswa sekolah dasar.

Article Details

How to Cite
Sukadari, S., Komalasari, M. D., & Wihaskoro, A. M. (2018). Efektivitas Penanaman Nilai Integritas pada Siswa SD melalui Buku Wayang Pandawa Bervisi Antikorupsi. Integritas : Jurnal Antikorupsi, 4(1), 217–244. https://doi.org/10.32697/integritas.v4i1.154
Section
Articles

References

Asmani, J. M. 2011. Buku Panduan Intrnalisasi Pendidkan Karakter di Sekolah. Diva Press. Yogyakarta.
Blasi, A. 2004. Moral functioning: Moral understanding and personality. In D.K. Lapsey & D. Narvaez, Moral development, self and indentity (pp. 335-348). Lawrence Erlbaum Associates. New Jersey.
Carter, S. 1996. Integrity. Basic Books, A Division of Harper Collins Publishers. New York.
Dunn, C. P. 2009. Integrity matters. International Journal of Leadership Studies, 5 iss. 2. United Stated of America. https://www.regent.edu/acad/global/publications/ijls/new/vol5iss2/IJLS_vol5_iss2_dunn_integrity_matterspdf. 23 April 2018 (15:21).
Edgar, A. & Pattison, S. 2011. Integrity and the moral complexity of professional practice. Nursing Philosophy 12: 99-106.
Emosda. 2011. Penanaman nilai-nilai kejujuran dalam menyiapkan karakter bangsa. Jurnal Innovatio, X(1): 151-166.
Hartanti, E. 2008. Tindak Pidana Korupsi. Sinar Grafika. Jakarta
Kemendikbud. (2011). Pendidikan Antikorupsi untuk Perguruan Tinggi. https://acch.kpk.go.id/id/buku-antikorupsi/perguruan-tinggi/pendidikan-antikorupsi-untuk-perguruan-tinggi. 23 April 2018 (15:41).
Koentjaraningrat. 1994. Kebudayaan Jawa. Balai Pustaka. Jakarta
Komalasari, M. D., & Wihaskoro, A. M. 2016. Pembelajaran Matematika Realistik yang Terintegrasi Nilai Karakter dan Kearifan Lokal untuk Siswa SD. Prosiding Seminar Nasional PGSD UPY dengan Tema Model Pembelajaran Inovatif Berbasis Kearifan Lokal untuk Mewujudkan Pendidikan Karakter Berkualitas. Universitas PGRI Yogyakarta: 251-263.
Lisbijanto, H. 2013. Wayang dan Seni Pertunjukan. Graha Ilmu. Yogyakarta.
Laksono, A. 2012. Sertifikasi UNESCO Bukti Pengakuan Dunia. https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/sertifikasi-unesco-bukti-pengakuan-dunia/. 29 April 2018 (05:04).
Marwanto. 2000. Apresiasi Wayang. Cendrawasih. Surakarta
Muhtadi, A. 2010. Strategi implementasi pendidikan budi pekerti yang efektif di sekolah. Dinamika Pendidikan-Majalah Ilmu Pendidikan, 1, 30-39.
Mukodi, & Burhanuddin, A. 2014. Pendidikan Anti Korupsi: Rekonstruksi Interpretatif dan Aplikatif di Sekolah. Aura Pustaka. Yogyakarta.
Muqoddas, B. 2014. Panduan Pendidikan Antikorupsi. Esensi. Jakarta.
Nurlaili, A. F., Suwignyo, H., & Setyosari, P. 2016. Pengembangan Multimedia Untuk Pengenalan Tokoh Wayang Dalam Pembelajaran Bahasa Jawa. Jurnal Pendidikan, 1(7): 1427-1437.
Paul, P. J., & Olson, J. C. 2002. Consumer Behavior and Marketing. McGraw-Hill. New York.
Palanski, M.E., & Yammarino, F.J. 2007. Integrity and leadership: Clearing the conceptual confusion. European Management Journal, 25(3), 171-184.
Peterson, C., & Selignman, M.E. 2004. Integrity. In Character strengths and virtues: A handbook and classification (pp. 249-271). Oxford University Press. Oxford.
Rifa’I, B. (2017, April 23). Dukung Literasi Antikorupi, KPK Sumbang 2.500 Buku ke TBM di Serang. https://news.detik.com/berita/d-3482101/dukung-literasi-antikorupi-kpk-sumbang-2500-buku-ke-tbm-di-serang. 23 April 2018 (15:21).
Rogers, C.R. 1961. On becoming a person: A therapist’s view of psychotherapy. Houghton Mifflin. Boston.
Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Tarsito. Bandung
Subekti, R., & Tjitrosoedibio, R. 1973. Kamus Hukum. Pradnya Paramita. Jakarta
Thiagarajan, S., Semmel, D., S., & Semmel, M., I. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. University of Minnesota. Minnesota
Tofani, M., A. 2013. Mengenal Wayang Kulit Purwa. Pustaka Agung Harapan. Surabaya
Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1 Tahun 2003 Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta.
Wibowo, A. 2013. Pendidikan Karakter Berbasis Sastra. Pustaka Belajar. Yogyakarta.
Wisesa, A. L. 2011. Pengaruh Exercised Responsibility, Pengalaman, Otonomi, dan Ambiguitas Peran terhadap Kinerja Auditor di Semarang. Skripsi. Universitas Diponegoro Semarang. Semarang.