Review Process

 

Proses penilaian naskah di Jurnal Antikorupsi INTEGRITAS dilakukan oleh Mitra Bestari (Reviewer) secara blind review. Implementasinya dimulai dari tahap memasukkan data oleh penulis. Naskah yang sudah diserahkan akan diteruskan oleh Journal Editor kepada Section Editor untuk dilakukan pengecekan tahap pertama, yakni mengecek plagiarisme, mengecek gaya selingkung, mengecek kesesuaian format template Jurnal dan mengecek unsur fabrikasi (data tersebut merupakan hasil kajian sendiri, bukan data karangan).

Setelah itu, Section Editor mengirimkan naskah kepada Reviewer sesuai dengan bidang kepakaran disiplin ilmu atau tema yang dikuasai.  Dalam waktu yang ditentukan, Reviewer akan menilai kelayakan naskah dan mengembalikannya kepada penulis untuk diperbaiki yang sesuai dengan saran yang telah dibuat.

Beberapa hal yang menjadi perhatian Reviewer, antara lain mengecek kesesuaian tema naskah dengan fokus/isu jurnal, mengecek substansi naskah, mengecek plagiarism (keaslian naskah) dan unsur fabrikasi. Dari unsur inilah, Reviewer kemudian memberikan rekomendasi diterima/ditolaknya naskah.

Kemudian, penulis melakukan perbaikan sesuai dengan rekomendasi Reviewer. Hasil perbaikan yang telah disampaikan sesuai akan diperbaiki oleh waktu untuk kelayakan penilaian ulang. Jika naskah telah dinyatakan dan memenuhi syarat, tahap selanjutnya adalah proses penyuntingan naskah, penjadwalan, dan tahap terakhir adalah publikasi.