AUTHOR GUIDELINES


 A. Panduan Umum

  1. Naskah yang diterima oleh Jurnal Integritas adalah artikel penelitian empiris, kajian literatur, dan artikel teoretis mengenai korupsi atau subyek yang berhubungan dengan korupsi.
  2. Naskah yang diterima oleh Jurnal Integritas adalah karya ilmiah original yang belum pernah dipublikasikan baik sebagian maupun keseluruhan dalam jurnal lainnya, prosiding konferensi ilmiah, buku, media massa atau media lainnya baik cetak maupun elektronik, dan materi ceramah dalam seminar atau perkuliahan.
  3. Naskah yang diterima oleh Jurnal Integritas adalah naskah yang relevan dengan skup Jurnal Integritas, memiliki nilai kepioniran dan signifikansi ilmiah, memiliki nisbah pustaka acuan primer sekurang-kurangnya 80 persen, dan memiliki nisbah derajat kemutakhiran sekurang-kurangnya 80 persen dari seluruh pustaka acuan merupakan terbitan 10 tahun terakhir.
  4. Naskah yang diterima oleh Jurnal Integritas adalah yang ditulis mempergunakan Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris yang baik dan benar.
  5. Naskah yang diterima oleh Jurnal Integritas adalah naskah yang ditulis mempergunakan template yang disediakan oleh Jurnal Integritas.
  6. Penulis mengirimkan naskahnya secara online melalui link https://jurnal.kpk.go.id/index.php/integritas/OlSubmissions.
  7. Penulis yang naskahnya dinyatakan diterima untuk dipublikasikan oleh Jurnal Integritas wajib mengisi Formulir Persetujuan Pengalihan Hak Cipta (Copyright Transfer Agreement Form) yang disediakan Jurnal Integritas.
  8. Penulis disarankan menggunakan aplikasi manajemen referensi seperti Mendeley dengan mempergunakan format APA Style.

 

B. Panduan Teknis

  1. Panjang naskah adalah 4000-8000 kata dengan tebal naskah maksimal 25 halaman termasuk gambar, diagram, dan tabel.
  2. Ukuran kertas yang digunakan adalah A4 dengan format satu kolom dan batas halaman (margin) mirror default.
  3. Struktur dan isi naskah mencakup Judul Artikel, Nama Penulis, Afiliasi Penulis, Alamat Surat Elektronik Penulis, Abstrak dalam Bahasa Inggris, Abstrak dalam Bahasa Indonesia, Kata Kunci, Pendahuluan (latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan penelitian atau kajian, penelitian terdahulu, kerangka teori atau tinjauan pustaka, metode penelitian), Hasil dan Diskusi, Penutup, Referensi.
  4. Judul Artikel harus lugas dan informatif yang dirumuskan sebanyak-banyaknya dalam 12 kata (Bahasa Indonesia) dan 10 kata (Bahasa Inggris). Judul Artikel diketik mempergunakan font Cambria ukuran 16, spasi ganda (double), tebal (bold), diposisikan di tengah (center), dengan spasi before 12 poin dan after 18 poin.
  5. Nama Penulis ditulis secara lengkap, tanpa pangkat, kedudukan, dan gelar. Bila terdapat lebih dari satu penulis, nama penulis ditulis secara lengkap dalam satu baris. Nama Penulis diketik 1 baris setelah Judul Artikel mempergunakan font Cambria ukuran 11, spasi tunggal (single), diposisikan di tengah (center).
  6. Afiliasi Penulis diketik 1 baris di bawah nama penulis dengan mempergunakan font Cambria ukuran 11, spasi tunggal (single), dan diposisikan di tengah (center).
  7. Jika penulis lebih dari satu dan berasal dari afiliasi yang sama, maka cukup ditulis satu afiliasi saja.
  8. Jika penulis lebih dari satu dan berasal dari afiliasi yang berbeda, maka ditulis nama afiliasi berurutan ke bawah sesuai dengan urutan nama penulis.
  9. Alamat Surat Elektronik Penulis diketik 1 baris di bawah Afiliasi Penulis dengan mempergunakan font Cambria ukuran 11, spasi tunggal (single), dicetak miring (italic), dan diposisikan di tengah (center).
  10. Penulisan judul bab pada artikel dimulai dari penulisan judul Abstrak, Pendahuluan, Temuan dan Diskusi, Penutup, dan Referensi, seluruhnya menggunakan font Cambria ukuran 12, spasi 1.15, tebal (bold). Setiap penulisan judul bab diberi jarak satu baris kosong dengan isi bab sebelumnya.
  11. Abstrak memuat ringkasan kajian/penelitian dan di dalamnya tidak terdapat kutipan, tidak bersifat evaluatif, serta tidak lebih dari 150 kata untuk Bahasa Indonesia dan 100 kata untuk Bahasa Inggris. Abstrak diikuti dengan kata kunci (keywords) sekurang-kurangnya lima kata dan sebanyak-banyaknya sepuluh kata. Kata kunci digunakan untuk memudahkan penyusunan indeks artikel.
  12. Penyajian tabel dalam kajian.
  13. Tabel disajikan dengan judul berada di bagian atas dan keterangan di bawah tabel apabila menggunakan tabel yang berasal dari sumber lain. Tambahkan informasi tahun pada keterangan tabel yang dipisahkan dengan tanda koma (,).
  14. Judul tabel berada di tengah (center), sedangkan keterangan tabel berada di sisi kiri sejajar dengan garis terluar tabel dengan font Cambria ukuran 10.
  15. Garis yang digunakan pada tabel adalah garis horizontal atas dan bawah pada baris pertama, dan garis horizontal pada baris paling bawah. Jika tabel yang disajikan menyatakan jumlah, maka garis horizontal pada bagian atas baris paling bawah juga dinyatakan.
  16. Penyajian gambar
  17. Gambar yang disajikan dalam bentuk skema, grafik, diagram alir, diagram batang, diagram lingkaran, bagan, dan foto diberi nomor urut dengan angka (1, 2, 3, dst).
  18. Gambar yang digunakan pada naskah adalah gambar hitam putih dengan size yang kecil. Apabila gambar yang disajikan berwarna, pastikan bahwa dapat tetap terlihat dengan jelas ketika dicetak hitam-putih.
  19. Pada paragraf yang akan disajikan gambar, maka tidak disarankan untuk menuliskan kata “…seperti gambar di bawah ini” tetapi menuliskannya “…seperti Gambar 1”.
  20. Gambar yang disajikan pada naskah dikirimkan dalam lampiran terpisah dengan size yang lebih besar min. 300dpi
  21. Penggunaan kutipan (langsung dan tidak langsung) diperbolehkan dalam penulisan jurnal ini. Penggunaan kutipan menggunakan format APA Style. Seluruh kutipan yang digunakan harus dimasukkan dalam daftar pustaka.
  22. Referensi memuat sumber-sumber yang dikutip di dalam penulisan artikel. Disarankan menggunakan aplikasi Mendeley. Kutipan dan referensi ditulis dengan format APA Style yang disusun secara alfabetis. Jika penulisan referensi lebih dari satu baris, maka baris kedua, dst lebih masuk ke dalam sejauh 1 tab. Referensi ditulis dengan font Cambria ukuran 11 dengan spasi tunggal.

                                           

Download Author Guidelines