AUTHOR GUIDELINES


PANDUAN UMUM

  1. Naskah ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris dan dikirimkan melalui online submissions melalui link https://jurnal.kpk.go.id/index.php/integritas/OlSubmissions
  2. Naskah yang dikirimkan, menggunakan template yang sudah disediakan Jurnal Integritas
  3. Naskah ditulis dengan menggunakan istilah yang baku serta Bahasa Indonesia yang baik dan benar
  4. Wikipedia, Blog Pribadi, atau situs non-scientific tidak diperkenankan untuk dikutip
  5. Naskah yang dikirim merupakan karya ilmiah orisinal, hasil pemikiran atau hasil riset empiris dan tidak mengandung unsur plagiarisme. Artikel yang dikirim belum pernah dipublikasikan sebagian atau seluruhnya di jurnal lain, media cetak, buku, hand out, atau seminar
  6. Penulisan jurnal ini mengacu pada kriteria relevan, mutakhir, dan primer. Gunakan pustaka primer, yaitu artikel berkala dan paten yang relevan dengan topik kajian, terutama yang terbit dalam kurun waktu 10 tahun terakhir. Diktat dan buku ajar tidak termasuk pustaka primer. Komposisi pustaka primer, setidaknya 80 persen dari keseluruhan referensi

 

PANDUAN TEKNIS PENULISAN JURNAL

  1. Naskah terdiri dari 5000-8000 kata dengan maksimal sebanyak 20 halaman (dalam format kertas A4, Ms. Word atau yang setara) yang disertakan bersama gambar, diagram, tabel (jika ada)
  2. Ukuran halaman yang digunakan adalah custom (L:172mm, P:245mm) dengan menggunakan format satu kolom. Gunakan pilihan mirror margins pada setting layout halaman Word anda dengan cara memilih menu layout à page setup à margins à pages à multiple pages à mirror margins. Pengaturan margin menggunakan ukuran top 2.7cm, bottom 2.4cm, inside 3.7cm, outside 3cm). Untuk mempermudah, anda dapat menggunakan template yang sudah disediakan Jurnal Integritas
  3. Penulisan seluruh isi artikel secara umum menggunakan huruf Times New Roman ukuran 12pt dengan spasi 1,5 (line spacing = 1,5) dan paragraf simetris (justify). Penulisan isi artikel pada setiap kata di awal paragraf lebih masuk ke dalam sejauh 0,5 cm.
  4. Sistematika pengelompokan setiap bab pada artikel mencakup Judul Artikel, Nama Penulis, Afiliasi Penulis, Alamat Email Penulis, Abstrak, Pendahuluan (latar belakang masalah, rumusan masalah, tujuan kajian, metode penelitian, penelitian terdahulu), Kerangka Teori, Pembahasan, Penutup (Simpulan, saran dan rekomendasi), serta Referensi.
  5. Judul artikel harus spesifik dan lugas yang dirumuskan maksimal 12 kata (Bahasa Indonesia), 10 kata (Bahasa Inggris), yang menggambarkan isi artikel secara komprehensif. Judul ditulis menggunakan huruf Times New Roman 24pt, cetak tebal (bold), dengan spasi 1,5 dan paragraf rata kiri (align left).
  6. Nama penulis ditulis lengkap, tanpa pangkat, kedudukan dan gelar. Penulis lebih dari satu orang ditulis lengkap, satu baris, dan tidak menggunakan singkatan dkk. atau et.al. dan lain-lain. Jarak antara judul dan nama penulis diberi satu spasi kosong. Nama penulis pertama, penulis kedua dan ketiga (jika ada) ditulis tanpa menggunakan gelar dengan ukuran huruf 15pt.
  7. Keterangan afiliasi/lembaga ditulis di bawah nama penulis dengan ukuran huruf 12pt dan dicetak miring (italic). Jarak antara nama penulis dan afiliasi diberi satu spasi kosong.
    1. Jika penulis lebih dari satu dan berasal dari afiliasi yang sama, maka cukup ditulis satu afiliasi saja.
    2. Jika penulis lebih dari satu dan berasal dari afiliasi yang berbeda, maka ditulis nama afiliasi berurutan ke bawah sesuai dengan urutan nama penulis.
  8. Keterangan email ditulis di bawah afiliasi penulis. Jarak antara afiliasi dan email diberi satu spasi kosong dengan ukuran huruf 11pt dan dicetak miring (italic).
  9. Penulisan judul bab pada artikel dimulai dari penulisan judul Abstrak, Pendahuluan, Tinjauan Teoritis, Pembahasan, Kesimpulan, dan Daftar Pustaka, seluruhnya menggunakan ukuran huruf 12pt, dicetak kapital dan tebal (bold). Setiap penulisan judul bab diberi jarak satu spasi kosong dengan isi bab.
  10. Penulisan judul sub-bab menggunakan ukuran huruf 12pt, dicetak tebal (bold), penomoran menggunakan angka (1, 2, 3 dst), dan huruf awal pada setiap kata dicetak kapital kecuali kata sambung. Jika judul sub-bab lebih dari satu baris, maka baris kedua sejajar dengan kata pertama dari judul sub-bab.
  11. Penulisan judul sub-sub-bab menggunakan ukuran huruf 12pt, dicetak tebal (bold), dan penomoran menggunakan angka arab yang berurutan mengikuti penomoran sub-bab (1.1, 1.2, 1.3, 2.1, 2.2, 2.3 dst). Pada huruf pertama dari kata pertama dicetak kapital. Penulisan penomoran sub-sub-bab sejajar dengan kata pertama dari sub-bab. Jika judul sub-sub-bab lebih dari satu baris, maka baris kedua sejajar dengan penomoran dari sub-sub-bab.
  12. Abstrak memuat ringkasan kajian/penelitian dan di dalamnya tidak terdapat kutipan, serta tidak lebih dari 250 kata (latar belakang atau permasalahan, tujuan, metode penelitian, hasil, dan kesimpulan). Penulisannya menggunakan dua Bahasa, yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Abstrak diikuti dengan kata kunci (keywords) untuk memudahkan penyusunan indeks artikel.
  13. Pendahuluan menjelaskan latar belakang kajian yang disajikan secara ringkas, padat, dan jelas. Secara umum pada bagian ini juga mencakup rumusan masalah, pernyataan tujuan, metode/sistematika penulisan kajian atau jika diperlukan pernyataan dari kajian yang sudah dilakukan sebelumnya juga dapat disampaikan.
  14. Tinjauan teoritis memaparkan kerangka teori berdasarkan telaah literatur yang menjadi landasan logis untuk mengembangkan hipotesis dan model kajian. Penyajiannya pun secara singkat, jelas, dan sistematis tentang kerangka pikir, prinsip, asumsi, dan hasil kajian terdahulu yang sesuai.
  15. Pembahasan disajikan dalam bentuk teks, tabel maupun gambar berasal dari data yang diperoleh, analisis data, pendapat, interpretasi pada hasil, dan temuan spesifik pada kajian serta deskripsi statistik (untuk penelitian kuantitatif) yang diperlukan. Apabila terdapat penyajian data pada kajian yang dilakukan, maka data yang dipaparkan dapat mendukung teori maupun hipotesis yang menjadi acuan pada kajian ini.
  16. Tabel disajikan dengan judul berada di bagian atas dan keterangan di bawah tabel apabila menggunakan tabel yang berasal dari sumber lain. Tambahkan informasi tahun pada keterangan tabel yang dipisahkan dengan tanda koma (,).
  17. Judul tabel berada di tengah (center), sedangkan keterangan tabel berada di sisi kiri sejajar dengan garis terluar tabel dengan ukuran huruf 10pt.
  18. Garis yang digunakan pada tabel adalah garis horizontal atas dan bawah pada baris pertama, dan garis horizontal pada baris paling bawah. Jika tabel yang disajikan menyatakan jumlah, maka garis horizontal pada bagian atas baris paling bawah juga dinyatakan.
  19. Tabel tidak diberi warna dan tidak terpotong pada halaman yang berbeda karena harus menjadi satu bagian yang utuh.
  20. Pada paragraf yang akan disajikan tabel, maka tidak disarankan untuk menuliskan kata “…seperti yang tergambar dalam tabel di bawah ini” tetapi menuliskannya “…seperti yang tergambar dalam Tabel 1”.
  21. Gambar yang disajikan dalam bentuk skema, grafik, diagram alir, diagram batang, diagram lingkaran, bagan, dan foto diberi nomor urut dengan angka (1, 2, 3, dst).
  22. Judul berada di atas gambar dan keterangan diletakkan di bagian bawah apabila gambar yang digunakan menggunakan sumber lain dengan posisi berada di tengah (center). Tambahkan informasi tahun pada keterangan gambar yang dipisahkan dengan tanda koma (,). Penyajian keterangan gambar ditulis dengan ukuran huruf 10pt.
  23. Gambar yang digunakan pada naskah adalah gambar hitam putih dengan size yang kecil. Apabila gambar yang disajikan berwana, pastikan bahwa dapat tetap terlihat dengan jelas ketika dicetak hitam-putih.
  24. Pada paragraf yang akan disajikan gambar, maka tidak disarankan untuk menuliskan kata “…seperti gambar di bawah ini” tetapi menuliskannya “…seperti Gambar 1”.
  25. Gambar yang disajikan pada naskah dikirimkan dalam lampiran terpisah dengan size yang lebih besar min. 300dpi
  26. Penggunaan kutipan (langsung dan tidak langsung) diperbolehkan dalam penulisan jurnal ini. Penggunaan kutipan menggunakan format APA Style. Seluruh kutipan yang digunakan harus dimasukkan dalam daftar pustaka.
  27. Catatan kaki (footnotes) adalah suatu informasi yang merupakan suatu penjelasan tentang sesuatu yang dinyatakan dalam teks. Penjelasan itu di luar konteks dari teks tersebut. Biasanya catatan kaki itu diberi nomor berturut menurut teks. Tempat catatan kaki itu di margin bagian bawah halaman tapi di halaman yang sama dengan apa yang dijelaskan. Isi dari catatan kaki adalah nama pengarang, judul karangan, lokasi penerbitan, nama penerbit, tahun terbit, dan halaman yang seluruhnya dipisahkan dengan tanda koma (,)
  28. Kesimpulan memuat makna hasil kegiatan dan jawaban atas tujuan kegiatan serta saran atau rekomendasi untuk keberlanjutan kajian yang akan datang. Penulis juga harus menjawab masalah dan tujuan penelitian yang telah dirumuskan pada pendahuluan. Jika diperlukan dapat ditambahkan dengan keterbatasan baik berasal dari kajian yang dilakukan penulis maupun keterbatasan dari penulis sendiri dalam penulisan kajian ini.
  29. Daftar Pustaka memuat sumber-sumber yang dikutip di dalam penulisan artikel. Disarankan menggunakan aplikasi Mendeley. Kutipan dan referensi ditulis dengan format APA Style yang disusun secara alfabetis. Jika penulisan referensi lebih dari satu baris, maka baris kedua, dst lebih masuk ke dalam sejauh 1cm.

Download Author Guidelines