Journal History

 

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menerbitkan Jurnal Antikorupsi INTEGRITAS (p-ISSN: 2477-118X; e-ISSN: 2615-7977) pertama kali pada 1 November 2015. Pada kurun 2015-2016, merupakan fase awal bagi KPK dalam mempersiapkan terbitan ilmiah untuk menampung hasil pemikiran, kajian teoritis, konseptual dan resensi buku pada subyek korupsi dan antikorupsi.

Selain menyediakan pengetahuan antikorupsi dari segi kuantitas maupun kualitas, Jurnal Antikorupsi INTEGRITAS juga berupaya membangun kemajuan ilmu pengetahuan, bahkan memberikan solusi pemberantasan korupsi di Indonesia. Selain itu, penerbitan jurnal ini juga berupaya memotivasi para akademisi, peneliti, pegiat antikorupsi dan masyarakat luas untuk melakukan penelitian ilmiah secara spesifik pada isu korupsi dan antikorupsi.

Pengembangan tata kelola terus dilakukan. Pada fase dua tahun kedua, 2017-2018, penerbitan berjalan lebih teratur. Sejak 2017, Jurnal Antikorupsi INTEGRITAS terbit dua kali setahun.

Pada awal penerbitan hingga 2017, pola pengelolaan jurnal masih dilakukan secara manual melalui surat elektronik dari dan ke Reviewer. Baru sejak 2018, tata kelola penerbitan jurnal beralih menggunakan Open Journal System (OJS) 3.0 secara penuh.

Untuk memperoleh naskah yang berkualitas, tim pengelola juga menyelenggarakan sejumlah kegiatan sosialisasi dan promosi, di antaranya Kompetisi Proposal Riset, kegiatan Bedah Jurnal, Diskusi/Seminar dan Coaching Jurnal Integritas. Ini dilakukan, agar semakin banyak masyarakat yang berperan dalam menghasilkan naskah yang berkualitas, yang pada akhirnya dapat memberikan dampak positif dalam pencegahan dan pemberantasan korupsi, untuk mewujudkan Indonesia yang lebih baik.