Sistem Manajemen Anti-Penyuapan ISO 37001:2016 dan Pencegahan Praktik Korupsi di Sektor Pelayanan Publik

Main Article Content

Angga Wijaya Holman Fasa
Sofia Yuniar Sani

Abstract

Bribery frequently occurs in public service sector. As one of the latest instruments, the Anti-Bribery Management System ISO 37001: 2016 is carried out to prevent this act. This study highlights the urgency and the efforts to implement this system. To attain these purposes, a qualitative method with a descriptive analysis approach was employed. The result show that: first, ISO 37001: 2016 has yet to be significantly implemented because there is no empirical evidence concerning the improvements in the quality of the bribery prevention. Second, the system is applied by creating a public service management system based on the change of leadership pattern, the change of governance, and the reinforcement of public monitoring.

Article Details

How to Cite
Holman Fasa, A. W., & Sani, S. Y. (2021). Sistem Manajemen Anti-Penyuapan ISO 37001:2016 dan Pencegahan Praktik Korupsi di Sektor Pelayanan Publik. Integritas : Jurnal Antikorupsi, 6(2), 187–208. https://doi.org/10.32697/integritas.v6i2.684
Section
Articles

References

Alamsyah.(2011).”Karakteristik Universal Pelayanan Publik: Sebuah Tinjauan Teoritik”. Jurnal Borneo Administrator, Vol. 7, No. 3: 353-371. →Jurnal online
Black’s Law Dictionary.(2020). “What is Corruption?”. https://thelawdictionary.org/corruption/ (diakses 10 Oktober 2020). →Website
Bryman, Alan and Robert G. Burgess (2002), Analyzing Qualitative Data, New York: Routledge →Buku
Denhardt, Robert B. dan Janet Vinzant Denhardt.(2000).”The New Public Service: Serving Rather Than Steering”, Public Administration Review, Vol. 60, No. 6: 549-559. →Jurnal online
Fatkhuri, Fatkhuri. (2017). Korupsi dalam Birokrasi dan Strategi Pencegahannya. Jurnal Ilmiah Manajemen Publik dan Kebijakan Sosial. 1. 10.25139/jmnegara.v1i2.784. →Jurnal onlineIndriati, Etty.(2014). Pola dan Akar Korupsi: Menghancurkan Lingkaran Setan Dosa Publik. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama. →Buku
Sunanda, Aris (2020) https://www.academia.edu/35775590/ISO_37001_ SISTEM_MANAJEMEN_ANTI_SUAP →Dokumen
Harjanto, Setyo Aji.(2020).” KPK: Perizinan dan Pelayanan Publik Rentan Praktik Korupsi“, Bisnis Indonesia, https://kabar24.bisnis.com/read/20200428/16/1233943/kpk-perizinan-dan-pelayanan-publik-rentan-praktik-korupsi (diakses 10 Oktober 2020). →WebsiteInternational Standard Organization.(2016). ISO 37001; Anti-Bribery Systems. Switzerland. →Buku
Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2016 tentang Aksi Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi Tahun 2016 dan Tahun 2017. Republik Indonesia 2016. →Peraturan Perundang-undangan
Klitgaard, Robert, Ronald McLean-Abaroa dan H. Lindsey Parris.(2002). Penuntun Pemberantasan Korupsi dalam Pemerintahan Daerah. Jakarta: Yayasan Obor. →Buku
Komisi Pemberantasan Korupsi.(2020). ”Statistik Tindak Pidana Korupsi Berdasarkan Jenis Perkara (2004-2020)“. https://www.kpk.go.id/id/statistik/penindakan/tpk-berdasarkan-jenis-perkara (diakses 10 Oktober 2020). →Laporan
Keputusan MENPAN No. 63/KEP/M.PAN/7/2003 tentang Pedoman Umum Penyelenggaraan Pelayanan Publik.
Lukiawan, R. (2018). Kesiapan Organisasi dalam Implementasi Standar ISO 37001 (Studi Kasus di UD. X dan Dinas Y). Jurnal Standardisasi, 20(2), 159-169. →Jurnal online
Nuriyanto.(2014).”Penyelenggaraan Pelayanan Publik di Indonesia, Sudahkah Berlandaskan Konsep “Welfare State”?”. Jurnal Konstitusi, Vol. 11, No. 3:428-453. →Jurnal online
Organisation for Economic Co-Operation and Development.(2007). Corruption: A Glossary of International Criminal Standards. Paris: OECD. →Dokumen
Rachmatullah, Muhammad Rhida.(2019). “Pentingnya Standar Pelayanan Publik” https://ombudsman.go.id/artikel/r/artikel--pentingnya-standar-pelayanan-publik#:~:text=Standar%20pelayanan%20adalah%20tolak%20ukur,mudah%2C%20terjangkau%2C%20dan%20teratur (diakses 11 Oktober 2020). →Website
Setiadi, Wicipto.(2018). “Korupsi di Indonesia (Penyebab, Hambatan, Solusi dan Regulasi)”. Jurnal LEGISLASI INDONESIA, Vol. 15, No. 3: 249-2602. →Jurnal online
Suprapto dan Reza Lukiawan.(2017).”Kelembagaan Sistem Akreditasi dan Sertifikasi SNI ISO 37001 Terkait Sistem Manajemen Anti Penyuapan”. Jurnal Standardisasi, Vol. 19, No. 2: 145 - 154. →Jurnal online
Susanti, Dwi S., Nadia Sarah, Nurindah Hilmi.(2018).” Korporasi Indonesia Melawan Korupsi: Strategi Pencegahan”, Integritas, Vol. 4, No. 2: 207-232. →Jurnal online
Shoim, M. (2011). Interaksi antara Pelayanan Publik dan Tingkat Korupsi pada Lembaga Peradilan di Kota Semarang. Masalah-Masalah Hukum, 40(1), 25-33. →Jurnal online
Transparency International Indonesia.(2014). Indonesia Bersih Uang Pelicin. Jakarta: Transparency International Indonesia. →Buku Transparency International Indonesia.(2020). “Rilis Laporan Corruption Perception Index 2019”, Jakarta. →Laporan
Undang-Undang No. 31 Tahun 1999 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Republik Indonesia 1999. →Peraturan Perundang-undangan
Undang-Undang No. 20 Tahun 2001 Tentang Perubahan Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Republik Indonesia 2001. →Peraturan Perundang-undangan
Undang-Undang No. 7 Tahun 2006 Tentang Pengesahan United Nations Convention Againts Corruption (Konvensi Perserikatan Bangsa-Bangsa Anti Korupsi). Republik Indonesia 2006. →Peraturan Perundang-undangan
Undang-Undang No. 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik. Republik Indonesia 2009. →Peraturan Perundang-undangan