Menyelisik Makna Integritas dan Pertentangannya dengan Korupsi

Main Article Content

Gunardi Endro

Abstract

Kata ‘integritas’ dipakai secara luas untuk menyatakan kompaknya atau utuhnya sesuatu, teridentifikasi dari reaksinya terhadap rangsangan dari lingkungannya. Penyelisikan makna hakiki integritas pada akhirnya berujung pada pemahaman tentang pentingnya dua proses yang berlangsung serentak, yaitu proses pengendalian internal dan proses partisipasi eksternal. Pada kasus manusia atau institusi yang dikendalikan manusia, proses pengendalian internal berkaitan dengan persoalan bagaimana membangun dan mempertahankan identitas diri, sedangkan proses partisipasi eksternal berkenaan dengan persoalan bagaimana mewujudkan keputusan dan tindakan yang baik berdasarkan identitas diri itu. Identitas diri seharusnya tidak terlepas dari keputusan dan tindakan yang baik. Meskipun kekuasaan dibangun dari kemampuan partikular, kekuasaan itu seharusnya dipergunakan demi kebaikan bersama. Oleh karena itu, integritas merupakan suatu keutamaan, suatu karakter baik manusia atau budaya baik organisasi, yang menimbulkan daya dorong bagi pemiliknya untuk mewujudkan keputusan dan tindakan bagi kebaikan bersama. Karakter atau budaya ini jelas bertentangan dengan korupsi, karena korupsi merupakan tindak penyalahgunaan kekuasaan dengan memanipulasi kebaikan bersama demi kepentingan pribadi tertentu. Jadi, karakter integritas dan budaya integritas secara langsung bertentangan dengan korupsi. Pengembangan karakter integritas dan budaya integritas mengandung keniscayaan logis menangkal korupsi.

Article Details

How to Cite
Endro, G. (2017). Menyelisik Makna Integritas dan Pertentangannya dengan Korupsi. Integritas : Jurnal Antikorupsi, 3(1), 131–152. https://doi.org/10.32697/integritas.v3i1.159
Section
Articles

References

Aristotle. 2001. “Ethica Nichomachea.” Dalam The Basic Works of Aristotle, terj. W.D. Ross, ed. Richard McKeon. NY: Modern Library.
____________. “Politica.” Dalam The Basic Works of Aristotle, terj. Benjamin Jowett, ed. Richard McKeon. NY: Modern Library.
____________. “De Generatione et Corruptione.” Dalam The Basic Works of Aristotle, terj. Harold H. Joachim, ed. Richard McKeon. NY: Modern Library.
Ashford, Elizabeth. 2000. “Utilitarianism, Integrity, and Partiality.” Journal of Philosophy XCVII:8 (August): 421-39.
Audi, Robert, dan Patrick Murphy. 2006. “The Many Faces of Integrity.” Business Ethics Quarterly 16(1): 3-21.
Black, Harrison. 1825. An Etymological and Explanatory Dictionary of Words Derived from the Latin. 2nd ed. London: Longman.
Blustein, Jeffrey. 1991. Care and Commitment: Taking the Personal Point of View. New York: Oxford University Press.
Buchanan, Bruce. 2004. “The Moral Physics of the Body Politic: Changing Contours of Corruption in Western Political Thought.” Dalam Proceedings of the Australasian Political Studies Association Conference. University of Adelaide (September - October 2004). https://www.adelaide.edu.au/apsa/papers/.
Calhoun, Cheshire. 1995. “Standing for Something.” Journal of Philosophy XCII(5): 235-60.
Carter, Stephen L. 1996. Integrity. New York: Basic Books.
Cox, Damian, Marguerite La Caze, dan Michael P. Levine. 2003. Integrity and the Fragile Self. Aldershot-Hants: Ashgate.
Davion, Victoria M. 1990. “Integrity and radical change.” Dalam Feminist Ethics, ed. Claudia Card. Kansas: Kansas University Press.
Endro, Gunardi. 2007. Integrity in Economic Life: An Aristotelian Perspective. Dissertation. National University of Singapore.
Euben, J. Peter. 1989. “Corruption.” Dalam Political Innovation and Conceptual Change, ed. Terence Ball, James Farr dan Russell L. Hanson. New York: Cambridge Univ. Press.
Hadi, Protasius Hardono. 2010. Potret Siapakah Aku. Yogyakarta: Kanisius.
Halfon, Mark S. 1989. Integrity: A Philosophical Inquiry. Philadelphia: Temple Univ. Press.
Hobbes, Thomas. 1651. Leviathan. London: Andrew Crooke at the Green Dragon.
Kasulis, Thomas P. 2002. Intimacy or Integrity: Philosophy and Cultural Difference. Honolulu: University of Hawai’i Press.
Klein, Ernest. 1971. A Comprehensive Etymological Dictionary of the English Language. Amsterdam: Elsevier.
Martin, Mike W. 1996. Love’s Virtue. Lawrence: University Press of Kansas.
McFall, Lynne. 1987. “Integrity.” International Journal of Ethics 98:1 (October): 5-20.
Miller, Seumas. 2013. “Integrity.” Stanford Encyclopedia of Philosophy. plato.stanford.edu/entries/corruption/ (Fri Jan 25, 2013).
Skeat, Walter W. 1888. An Etymological Dictionary of the English Language. 2nd ed. Oxford: Clarendon Press.
Stern-Gillet, Suzanne. 1995. Aristotle’s Philosophy of Friendship. Albany: State University of New York Press.
Taylor, Gabriel. 1985. Pride, Shame and Guilt: Emotions of Self-Assessment. New York: Oxford University Press.
Williams, Bernard. 1973. “A Critique of Utilitarianism.” Dalam Utilitarianism for and against, ed. J.J. Smart & Bernard Williams. Cambridge: Cambridge University Press.
World Bank. 1997. World Development Report: The State in a Changing Society. Washington D.C.: World Bank.