Kearifan Lokal Sebagai Media Pendidikan Karakter Antikorupsi pada Anak Usia Dini Melalui Strategi Dongkrak
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini menjelaskan Dongkrak (Dongeng jeung Kaulinan Barudak) sebagai strategi pendidikan karakter antikorupsi pada anak usia dini. Strategi Dongkrak menggunakan dongeng dan kaulinan untuk menanamkan nilai-nilai kejujuran, disiplin, kerja keras, tanggung jawab, dan rendah hati pada anak usia dini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kelas yang mendapat strategi Dongkrak memiliki hasil yang signifikan dalam memahami nilai-nilai karakter tersebut. Oleh karena itu, strategi Dongkrak dapat digunakan untuk mengajarkan pendidikan karakter bagi anak usia dini.
Article Details
How to Cite
Nurinten, D., Mulyani, D., Alhamuddin, A., & Permatasari, A. N. (2018). Kearifan Lokal Sebagai Media Pendidikan Karakter Antikorupsi pada Anak Usia Dini Melalui Strategi Dongkrak. Integritas : Jurnal Antikorupsi, 2(1), 135–154. https://doi.org/10.32697/integritas.v2i1.128
Section
Articles
References
Ahyani, Nur. (2010). Metode Dongeng dalam Meningkatkan Perkembangan Kecerdasan Moral Anak Usia Dini, Jurnal Psikologi Universitas Muara Kudus, I (1), hal 29.
Agustin, Mubiar (2008). Mengenali Dan Memahami Dunia Anak. Bandung: Lotus.
Creswell, Jhon W. (2008). Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (Third ed). London. Sage Publications.
Handayu. (2001). Memaknai Cerita Mengasah Jiwa. Solo: Intermedia.
Hibana. (2002). Konsep Dasar Anak Usia Dini. Yogyakarta: PGTKI.
Huberman, A.M. & Miles, M. B. (1985). Qualitative Data Analysis: a Sourcebook of New Methods. London. Sage Publications.
Lickona, Thomas. (1991). Educating for Character. Terjemahan oleh Juma Abdu Wamaungo. (2012). Jakarta: Bumi Aksara.
Nugroho. (2005). Permainan Tradisional Anak-Anak sebagai Sumber Ide dalam Penciptaan Karya Seni Grafis. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Mahasiswa Program Studi PAUD SPS UPI. (2013). Ragam Permainan Tradisional dan Kreatif untuk Anak Usia Dini. Bandung: Rizqi.
Misbach, Ifa Hanifah. (2006). Peran Permainan yang Bermuatan Edukatif dalam Menyumbang Pembentukan Karakter dan Identitas Bangsa. Laporan Penelitian. Jurusan Psikologi Universitas Pendidikan Indonesia.
Muallifah. (2013). Storytelling sebagai Model Parenting untuk Pengembangan Kecerdasan Anak Usia Dini, Jurnal Psikologi Islam (JPI), 10 (1).
Rogers,C.R. (1942). Counseling and Psychotherapy. Boston : Houghton Mifflin.
Sholehudin. (1997). Konsep Dasar Pendidikan Prasekolah. Bandung: IKIP Bandung.
Subiantoro. (2012). Model Pendidikan Karakter untuk Anak MI Awal Berbasis Cerita Rakyat dalam Perspekti Sosiologi Pendidikan Islam, Jurnal Pendidikan Agama Islam, IX (1), hal 100.
Vygotsky, L.S. (1962). Thought and Language. Diterjemahkan dan diedit oleh E. Hanfmann & G. Vakar. Cambridge: MIT Press.
Yuliani, N. (2009). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks.
Agustin, Mubiar (2008). Mengenali Dan Memahami Dunia Anak. Bandung: Lotus.
Creswell, Jhon W. (2008). Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (Third ed). London. Sage Publications.
Handayu. (2001). Memaknai Cerita Mengasah Jiwa. Solo: Intermedia.
Hibana. (2002). Konsep Dasar Anak Usia Dini. Yogyakarta: PGTKI.
Huberman, A.M. & Miles, M. B. (1985). Qualitative Data Analysis: a Sourcebook of New Methods. London. Sage Publications.
Lickona, Thomas. (1991). Educating for Character. Terjemahan oleh Juma Abdu Wamaungo. (2012). Jakarta: Bumi Aksara.
Nugroho. (2005). Permainan Tradisional Anak-Anak sebagai Sumber Ide dalam Penciptaan Karya Seni Grafis. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Mahasiswa Program Studi PAUD SPS UPI. (2013). Ragam Permainan Tradisional dan Kreatif untuk Anak Usia Dini. Bandung: Rizqi.
Misbach, Ifa Hanifah. (2006). Peran Permainan yang Bermuatan Edukatif dalam Menyumbang Pembentukan Karakter dan Identitas Bangsa. Laporan Penelitian. Jurusan Psikologi Universitas Pendidikan Indonesia.
Muallifah. (2013). Storytelling sebagai Model Parenting untuk Pengembangan Kecerdasan Anak Usia Dini, Jurnal Psikologi Islam (JPI), 10 (1).
Rogers,C.R. (1942). Counseling and Psychotherapy. Boston : Houghton Mifflin.
Sholehudin. (1997). Konsep Dasar Pendidikan Prasekolah. Bandung: IKIP Bandung.
Subiantoro. (2012). Model Pendidikan Karakter untuk Anak MI Awal Berbasis Cerita Rakyat dalam Perspekti Sosiologi Pendidikan Islam, Jurnal Pendidikan Agama Islam, IX (1), hal 100.
Vygotsky, L.S. (1962). Thought and Language. Diterjemahkan dan diedit oleh E. Hanfmann & G. Vakar. Cambridge: MIT Press.
Yuliani, N. (2009). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Indeks.